Cipta, Winni Sonia (2023) Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Manduamas Kecamatan Manduamas Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100335.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa dilihat dari segi pemahaman materi antara siswa yang satu dengan siswa yang lain, kurang minatnya dalam belajar, rendahnya respon dalam pelajaran maupun menurunnya hasil belajar siswa. Disinilah pentingnya upaya guru dalam proses belajar mengajar agar dapat menemukan masalah-masalah belajar dan memecahkan masalah belajar, sehingga siswa terhindar dari kesulitan belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja kesulitan belajar pendidikan agama Islam yang dialami siswa kelas VIII, bagaimana upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII, dan apa saja hambatan yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar pendidikan agama Islam yang dialami siswa kelas VIII, untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII. Metodologi yang digunakan peneliti adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tigat tahap yaitu reduksi data, deskripsi data, dan menarik kesimpulan. Dan teknik penjamin keabsahan data adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII antara lain adalah motivasi belajar siswa yang rendah, intensitas belajar siswa yang berbeda-beda, menunjukkan sikap yang kurang wajar, lingkungan tempat tinggal yang kurang mendukung, serta bosan terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII adalah dengan pemberian pengulangan bahan materi, menciptakan suasana belajar yang nyaman, pemberian motivasi belajar, serta pemberian tes dan remedial. Hambatan yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII adalah kecerdasan siswa yang berbeda, dan jam pembelajaran yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag. dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A. |
Keywords: | Upaya; Guru pendidikan agama islam; Kesulitan; Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 03:31 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 03:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8319 |
Actions (login required)
View Item |