Hasibuan, Nur Safitri (2023) Proses pembelajaran baca tulis al-qur'an bagi mahasantriah di Ma'had Al-jami'ah UIN Syekh Ali Hasan AhmadAddary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100214.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary PadangSidimpuan yang belum mahir dan kurang berhasil. Hal ini dapat dilihat dari beberapa mahasantriyah yang tidak lancar membaca dan menulis Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an bagi Mahasantriah Di Ma’had Al-Jami’ah UIN Syahada Padangsidimpuan,apa faktor penghambat Proses Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an bagi Mahasantriyah di Ma’had Al-Jami’ah UIN Syahada Padangsidimpuan, apa faktor pendukung Proses Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Ma’had Al-jami’ah UIN Syahada PadangSidimpuan.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yang diterapkan di Ma’had Al-Jami’ah UIN Syahada PadangSidimpuan, mengetahui faktor penghambat proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah PadangSidimpuan, mengetahui faktor pendukung proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasantriah di Ma’had Al-Jami’ah PadangSidimpuan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dilakukan dalam bentuk kualitatif deskriftip. Adapun sumber data dalam penelitian adalah Mudir Ma’had, muwajjih”ah, musyrifah, dan para mahasantriyah Ma’had Al-Jami’ah UIN Syahada PadangSidimpuan. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini, dilaksanakan riset dilapangan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran di Ma’had Al-Jami’ah adalah Memberikan perhatian penuh kepada mahasantriyah, melakukan pembelajaran secara berlangsung, mahasantriyah mengikuti ujian placement test, mengajari mahasantriyah cara melafalkan dan menuliskan huruf hijaiyah. Faktor penghambat yang dihadapi Kurangnya minat dan motivasi,media pembelajaran kurng memadai, waktu terbatas. Faktor pendukung pembelajaran Adanya kesadaran dan kemauan tersendiri, belajar Al-Qur’an dengan buku Al-Hira, adanya pembimbing setiap asrama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd. dan H. Ismail Baharuddin, M.A. |
Keywords: | Proses pembelajaran; Baca tulis al-qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 03:06 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 03:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8317 |
Actions (login required)
View Item |