Nasution, Elsa Mutiah (2022) Penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820600010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini rendahnya hasil belajar peserta didik materi diri sendiri kelas A 1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Padangsidimpuan. Hal ini disebabkan saat proses pembelajaran materi diri sendiri posisi peserta didik yang seharusnya berada di posisi sentral dalam pembelajaran masih kurang pengaplikasiannya sehingga peserta didik kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Dengan demikian guru harus pandai dan bijak dalam memilih model pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran inside outside circle (ioc). Berdasarkan perkembangan kognitif anak usia dini yang harus dikembangkan, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inside outside circle (ioc). Lokasi penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas A 1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 20 orang, yaitu 12 perempuan dan 8 laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan observasi. Hasil dari penelitian ini pada pra siklus persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah 5% (1 orang), siklus I pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2 persentase hasil belajar peserta didik adalah 25% (5 peserta didik) dan 40% (8 peserta didik). Sedangkan pada siklus II peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memperoleh hasil persentase ketuntasan hasil belajar pertemuan ke-1 dan ke-2 adalah 55% (11 peserta didik) dan 85% (17 peserta didik). Persentase ketuntasan hasil belajar diatas mencapai lebih dari 70% dari seluruh jumlah peserta didik sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Dengan demikian berarti penggunaan model pembelajaran inside outside circle (ioc) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas A 1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Liah Rosdiani Nasution, S.Pd.I., M.A. |
Keywords: | Model pembelajaran inside outside circle; Meningkatkan hasil belajar; TK |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:37 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8315 |
Actions (login required)
View Item |