Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama islam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas viii di SMP Negeri 5 Panyabungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Rambe, M. Asro’i (2022) Upaya guru pendidikan agama islam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas viii di SMP Negeri 5 Panyabungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100177.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya apa saja yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Panyabungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, dan apa saja kendala dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Panyabungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah apa saja yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Panyabungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, dan untuk mengetahui apa saja kendala dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Panyabungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan fenomena-fenomena atau kejadian yang terjadi dilapangan apa adanya. Instrument pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan wawancara dan. Hasil penelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yaitu dengan cara memberikan bimbingan belajar siswa, membuat metode bervariasi dalam mengajar, mengoptimalkan penggunaan media pebelajaran serta pemberian motivasi siswa untuk belajar lebih giat dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan memberikan hadiah atau pujian kepada siswa yang berprestasi. Sedangkan kendala dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa ada 3 faktor yaitu kurangnya jam mata pelajaran agama islam, kurangnya minat belajar siswa, keterbasan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd.
Keywords: Upaya; Guru; Pendidikan Agama Islam; Prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:35
Last Modified: 31 Jan 2023 04:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8311

Actions (login required)

View Item View Item