Hasibuan, Rajani Sapitri (2022) Kreativitas guru pendidikan agama islam dalam pengelolaan kelas dengan menggunakan media pembelajaran di SD Negeri Paya Bahung Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100137.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Kreativitas yang sangat penting dalam proses pembelajaran guru serta kreativitas juga suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, metode, ataupun dikatakan dengan produk baru yang berdaya guna dalam berbagai bidang untuk memecahkan suatu masalah, Serta adapun kreativitas yang digunakan guru di SD Negeri tersebut yaitu,1). Kreativitas dalam menjelaskan pelajaran.2). kreativitas dalam menerangkan pelajaran.3)kreativitas dalam menyelenggarakan evaluasi.4). kreativitas dalam penjelasan tindakan lanjutan dalam pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media apa saja yang digunakan guru PAI, untuk mengetahui bentuk kreativitas yang digunakan guru PAI dalam pengelolaan kelas dengan menggunakan media pembelajaran, mengetahui kendala yang dihadapi guru PAI dalam proses pembelajaran, dan cara mengatasi kendala guru dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik menjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan. Teknik pengelolaan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa guru PAI sudah mempunyai kreativitas, hal ini dapat dilihat dari:1). Bentuk kreativitas yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam pengelolaan kelas dengan menggunakan media pembelajaran, seperti penjelasan, menerangkan, evaluasi, dan tindak lanjutan. 2).Media guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas, yaitu media grafis,audio, audio visual, dan media computer. 3). Kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pengelolaan kelas dengan menggunakan media pembelajaran terkadang kurang kesesuaian antara media dengan materi pelajaran, .4). Cara mengatasi kendala yang dihadapi guru PAI dalam pengelolaan kelas dengan menggunakan media pembelajaran dengan cara belajar kembali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Muhlison, M.Ag. |
Keywords: | Kreativitas guru; Pengelolaan kelas; Media pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 03:17 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 03:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8309 |
Actions (login required)
View Item |