Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran akidah akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Swasta Muhammadiyah Paraman Ampalu Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat

Haya, Qilla Fadia (2022) Pembelajaran akidah akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Swasta Muhammadiyah Paraman Ampalu Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah penomena pandemi covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikan, yaitu keluarnya kebijakan pemerintah untuk merubah sistem pembelajaran Offline menjadi Online. Hal ini menjadi tantangan baru bagi guru maupun siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara Online. Pembelajaran Akidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yang ditantang dilaksanakan secara Online. Guru dibawah bimbingan kepala madrasah dituntut melakukan langkah-langkah pembelajaran diluar kebiasaan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Swasta Muhammadiyah Paraman Ampalu dan apa saja kendala yang dialami pendidik dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Swasta Muhammadiyah Paraman Ampalu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Swasta Muhammadiyah Paraman Ampalu dan apa saja kendala yang dialami pendidik dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs Swasta Muhammadiyah Paraman Ampalu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data (penyajian data), dan menarik kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjangan waktu penelitian dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini dideskripsikan kepada dua hal pokok. Pertama, pelaksanaan pembelajaran Online berupa kegiatan membuka pembelajaran yaitu guru menginformasikan pembelajaran melalui WhatApp, guru mengawali pembelajaran dengan membaca do’a, melakukan absensi, melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan inti pembelajaran yaitu guru membagikan file pembelajaran, guru menginformasikan untuk membuka pembelajaran, menyampaikan materi, melakukan diskusi. Kegiatan menutup pembelajaran yaitu menyampaikan kesimpulan, memberikan tugas, mengumpul tugas dan membaca do’a bersama. Kedua, kendala yang dialami pendidik dalam pembelajaran Akidah Akhlak yaitu: waktu yang kurang memadai untuk menyampaikan materi pembelajaran, menurunnya minat belajar siswa yang disebabkan pembelajarannya secara online karena sudah terbiasa berinteraksi secara langsung, materi yang disampaikan tidak sepenuhnya tuntas, menurunnya akhlak siswa disebabkan belajarannya secara verbal dan virtual tanpa adanya praktek dilakukan secara langsung untuk dapat dicontoh oleh peserta didik, jaringan yang susah dan kuota internet yang mahal, dan sebagian peserta didik pasif dalam mengikuti proses pelaksanaan pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A. dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Pembelajaran; Akidah akhlak; Covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:25
Last Modified: 30 Jan 2023 03:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item View Item