Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui media puzzle di TK Khoiriah Desa Hulim Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas

Lbs, Sarah Marito (2022) Upaya meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui media puzzle di TK Khoiriah Desa Hulim Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820600025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah anak kesulitan dalam membedakan angka 6 dengan angka 9, anak kesulitan membedakan antar huruf b,d dan huruf p, anak kesulitan dalam mengurutkan dari ukuran yang paling besar hingga ukuran yang besar. Dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pada materi tersebut sehingga anak merasa bosan dan sulit untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru. Selain kesulitan anak dalam memahami materi juga disebabkan oleh sulitnya guru dalam dalam menentukan media yang sesuai dengan materi pelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan poerkembangan kognirtif anak dengan menggunakan media puzzle di TK Khoiriah Desa Hulim Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perkembangan kognitif anak dalam nmenyusun dan mencocokkan kepingan puzzle agar sesuai dengan urutan dan letaknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan dan dalam setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengematan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan memberikan tes. Subjek penelitian ini adalah anak di TK Khoiriah Desa Huli Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas yang berjumlah 12 anak, yaitu 5 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik analisi yang digunakan adalah adalah analisis dekskriptif dengan mencari nilai rata-rata anak dan persentasenya serta disajikan dalam bentuk diagram batang. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa adanya peningkatan perkembangan kognitif anak dengan menggunakan media puzzle. Hal ini dapat ditunjuukkan dengan meningkatkanya kemampuan menyusun dan mencocokkan kepingan puzzle sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Peningkatan perkembangan kognitif anak dapat dilihat dari anak yang aktif selama pembelajaran, anak mendengarkan seluruh arahan guru, penjelasan yang diberikan serta mau bertanya jika ada yang kurang dipahaminya serta hasil tes anak yang meningkat tiap pertemuannya. Pada siklus I adanya peningkatan persentase anak yang tuntas dari 33,33% atau sebanyak 4 anak menjadi 50% anak yan tuntas atau sebanyak 6 anak. Pada siklus II peningkatan dapat dilihat menjadi 66,66% atau sebanyak 8 anak yang tuntas menjadi 83,33% anak yang tuntas atau 10 anak. Dengan demikian berarti penggunaan media puzzle dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam menyusun dan mencocokkan kepingan puzzle di TK Khoiriah Desa Hulim Kecamatan Sosopon Kabupaten Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A. dan Hj. Hamidah, M.Pd.
Keywords: Perkembangan kognitif; media puzzle
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:56
Last Modified: 30 Jan 2023 02:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8306

Actions (login required)

View Item View Item