Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan pada pelajaran matematika di Kelas V MIN Parannapa Jae Kecamatan Barumun Barat

Harahap, Septi Hasanah (2022) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan pada pelajaran matematika di Kelas V MIN Parannapa Jae Kecamatan Barumun Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Termasuk mengenai materi pecahan dalam bentuk soal cerita. Pecahan merupakan suatu pembelajaran yang dianggapsulit dan memiliki konsep yang sangat rumit sehingga menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui apa saja kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan tersebut dengan melakukan analisis berdasarkan prosedur Newman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan dan untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yag digunakan dengan teknik tes, wawancara dengan subjek penelitian dan analisis dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan pada pelajaran matematika adalah mengunakan teori Newman. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu Pada tipe kesalahan membaca sebesar 4,4%, kesalahan memahami sebesar 44,7%, kesalahan tranformasi sebesar 9,6%, kesalahan proses perhitungan sebesar 35,9%, dan kesalahan penulisan jawaban sebesar 5,3%. Adapun faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan adalah siswa kesulitan dalam memahami soal, tidakmemahami konsep dan operasi pecahan , lupa tidak teliti dan terburu-buru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd.
Keywords: Analisis kesalahan; Prosedur newman; Soal cerita pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:36
Last Modified: 30 Jan 2023 02:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8305

Actions (login required)

View Item View Item