Utami, Rizka Suarni (2022) Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pada siswa Kelas IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukan bahwa di kelas tersebut pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan masih terdapat siswa yang kurang aktif, dimana siswa masih terlihat kurang respon terhadap apa yang disampaikan oleh guru di dalam berdiskusi, bahkan tidak sama sekali mengeluarkan pendapat untuk kelompoknya, serta malu bertanya dan bahkan sesama mereka terdapat siswa yang tidak peduli dengan pelajaran. Berdasarkan penjelasan dan permasalahan di atas yang telah di temui maka seharusnya seorang guru harus menggunakan banyak metode, demikian salah satu metode yang akan digunakan di sini adalah metode diskusi, metode diskusi ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan batasan masalah tersebut, maka rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode diskusi dalam meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV-B MIN 1 Padangsidimpuan dan bagaimana penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV-B MIN 1 Padangsidimpuan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu penelitian yang dilakukan di dalam kelas serta pendekatan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki pembelajaran melalui perubahan dengan dorongan guru untuk memikirkan praktek mengajar sendiri. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil aktivitas siswa meningkat, siswa melakukan diskusi denan baik dan melakukan persentase sesuai dengan yang di arahkan kemudian siswa juga brani menggapi dan bertanya atas apa yang mereka kurang fahami dan mereka juga lebih beraktivitas setelah adanya pembagian kelompok untuk berdiskusi dan saling bekerja sama di dalam memecahkan sebuah masalah, kemudian hasil belajar siswa terus meningkat dari siklus I sampai siklus II pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 68,6 kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 70,83 menjadi 71,5. Pada siklus II dari 72,3 menjadi 74. Adapun persentase hasil belajar siswa yang tuntas pada tes awal yaitu 23,3%, kemudian meningkat pada siklus I dari 43% menjadi 50%. Pada siklus II persentase hasil belajar siswa lebih meningkat dari 60% menjadi 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn materi keberagaman budaya bangsa di kelas IV-B MIN 1 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Metode diskusi; Aktivitas; Hasil belajar siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 08:54 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8302 |
Actions (login required)
View Item |