Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia menggunakan strategi everyone is teacher here Kelas IV SDN 153001 Kolang Nauli 2 Tapanuli Tengah

Tanjung, Nurkhairani (2022) Meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia menggunakan strategi everyone is teacher here Kelas IV SDN 153001 Kolang Nauli 2 Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 153001 Kolang Nauli 2 Tapanuli Tengah dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan guru belum menggunakan berbagai metode untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Akibatnya, peneliti menyarankan menggunakan strategi everyone is teacher here untuk pemecahan masalah alternatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah strategi everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV SDN 153001 Kolang Nauli 2 Tapanuli Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV SDN 153001 Kolang Nauli 2 Tapanuli Tengah. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan 30 siswa sebagai subjek di kelas IV SDN 153001 Kolang Nauli 2 Tapanuli Tengah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dua siklus dengan dua pertemuan per siklus. Perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing) dan refleksi (reflection) membentuk satu siklus. Dalam penelitian ini jenis instrument yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi everyone is teacher here berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di SDN 153001 Kolang Nauli 2 Tapanuli Tengah. Setelah strategi everyone is teacher here diterapkan, terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan pertama dengan nilai 62 dan peningkatan pada pertemuan kedua dengan nilai 65, dengan persentase total 47%. Hal ini dapat ditunjukkan dari pada tes awal, dimana nilai rata-rata siswa adalah 52. Kemudian dilanjutkan ke siklus II, dimana nilai rata-rata pada pertemuan pertama adalah 74, nilai KBM pada pertemuan kedua adalah 83 dan tingkat ketuntasan adalah 93%. Hasilnya, penelitian ini dapat disimpulkan dengan nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Bahasa Indonesia; Strategi everyone is teacher here
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:26
Last Modified: 27 Jan 2023 04:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item View Item