Nurhalimah, Nurhalimah (2022) Penerapan model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi kalor di Kelas V SD Negeri 314 Simpang Nunur Kabupten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 314 Simpang Nunur, yang terlihat dari banyaknya jumlah siswa yang belum memenuhi kriteria tuntas KKM, hal tersebut disebabkan kurangnya keefektifan guru kelas dalam menggunakan model pembelajaran. Dari hal lain siswa juga kurang dalam menguasai materi serta respon yang masih kurang selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penerapan model think pair share (TPS) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 314 Simpang Nunur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajarn think pair share (TPS). Teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori belajar menurut Taksonomi Bloom. Dalam menilai hasil belajar siswa pada ranah kognitif dibagi menjadi enam jenjang proses berpikir yaitu: mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan berkreasi. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 314 Simpang Nunur yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah keberhasilan siswa dalam meningkatkan kemampuan dalam menjawab soal-soal bentuk pilihn berganda yang dilakukan dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS). Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menggunakan model TPS hanya 21,5% (4 Siswa) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan 78,5% (15 siswa) tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada siklus I sudah mulai ada peningkatan hasil belajar siswa dengan siswa yang tuntas 52,63% (10 siswa) yang tuntas dan 47,37% (9 siswa) yang tidak memenuhi kriteria KKM dengan nilai rata-rata 62,6. Pada siklus II hasil belajar meningkat jauh dimana siswa memenuhi ketuntasan KKM 80% (17 Siswa) tuntas dan (2 siswa) tidakk tuntas dengan nilai rata-rata 81,0 dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai II mengalami peningkatan dengan menggunkan model pembelajaran think pair share (TPS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar IPA; Model pembelajaran think pair share (TPS); Materi kalor |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 04:14 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 04:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8297 |
Actions (login required)
View Item |