Handayani, Sri (2022) Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Hasil belajar peserta didik yang masih rendah disebabkan selama proses pembelajaran pendidik masih menggunakan metode pembelajaran yang bersifat teacher centered, guru tidak melibatkan peserta didik untuk aktif di dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik kesulitan untuk mengembangkan diri untuk menggali gagasan ataupun memberikan ide. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui penerapan metode diskusi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori Vigotsky, Vigotsky menekankan bahwa pengetahuan merupakan hasil kontruksi kognitif melalui interaksi anak dengan pengalaman dan obyek yang dihadapi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, observasi, dan dokumentasi proses penerapan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik. Pada kondisi awal nilai rata-rata adalah 58 dan ketuntasan klasikal sebesar 11%, setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata peserta didik mencapai 71,28 dan ketuntasan klasikal sebesar 29%. Siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata mencapai 73,82 dan ketuntasan klasikal sebesar 49%. Siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata mencapai 77,88 dan ketuntasan klasikal sebesar 69%. Siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata mencapai 85,11 dan ketuntasan klasikal sebesar 89%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A. dan Hj. Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Metode diskusi; Hasil belajar; Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 03:43 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 03:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8295 |
Actions (login required)
View Item |