Karmila, Karmila (2022) Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis project based learning untuk pembelajaran materi keliling dan luas lingkaran Kelas VIII MTs. Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perangkat pembelajaran yang memadai seperti LKS di sekolah tersebut, hanya berpedoman pada buku pegangan guru atau buku paket. Serta rendahnya pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada materi keliling dan luas lingkaran. Proses Pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sebab waktu pembelajaran yang kurang memadai, sehingga peneliti akan memaksimalkan waktu tersebut dengan pembelajaran menggunakan model project based learning yaitu dengan menentukan kegiatan-kegiatan yang dapat membuat siswa lebih aktif dan inovatif dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah yaitu validitas LKS berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi Keliling dan Luas Lingkaran, praktikalitas LKS berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi Keliling dan Luas Lingkaran dan efektivitas LKS berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi Keliling dan Luas Lingkaran di kelas VIII MTs. Swasta Darul Istiqomah Hutapadang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKS berbasis PjBL pada materi Keliling dan Luas Lingkaran, praktikalitas LKS berbasis PjBL pada materi Keliling dan Luas Lingkaran dan efektivitas LKS berbasis PjBL pada materi Keliling dan Luas Lingkaran di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang melalui lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation.LKS berbasis PjBL pada materi Keliling dan Luas Lingkaran dikembangkan melalui tahapan validasi ahli materi dan ahli rancangan. Serta diuji cobakan kepada siswa kelas VIII-C. Subjek uji coba dilakukan di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Hutapadang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian dan analisis penilaian oleh para ahli LKS yang dikembangkan layak dijadilkan sebagai salah satu bahan ajar Matematika untuk siswa kelas VIII. Berdasarkan penilaian seluruh aspek kevalidan LKS ditunjukkan dengan nilai 86% nilai ini didapat dari nilai rata-rata ketiga validator lalu dikali seratus persen, dan dikategorikan sangat valid. Kepraktisan dari seluruh aspek ditunjukkan dengan nilai 72,5% nilai ini didapat dari nilai rata-rata keseluruhan dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon 25 siswa lalu dikali seratus persen dan dikategorikan praktis. Kemudian, eketivitas dari seluruh nilai hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai 86,91% nilai ini didapat dari nilai rata-rata keseluruhan hasil belajar siswa lalu dikali seratus persen dan dikategorikan sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd. |
Keywords: | Lembar Kerja Siswa (LKS); Project based learning; Keliling dan luas lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 01:48 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 01:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8292 |
Actions (login required)
View Item |