Juliana, Juliana (2022) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Buntu Pane Kabupaten Asahan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini yaitu dilatarbelakangi siswa yang kurang percaya diri, disiplin, inisiatif dan tanggung jawab dalam pembelajaran matematika. Karena dalam proses pembelajaran siswa malu untuk bertanya, begitu juga saat guru memberikan pertanyaan hanya beberapa siswa menjawab serta kemampuan dan rasa percaya diri siswa dalam belajar maupun mengerjakan soal-soal matematika masih kurang. Siswa tidak percaya diri pada kemampuan dirinya sendiri, sehingga sering menyontek dan bertanya pada temannya yang belum tentu jawabannya benar, sehingga antusias siswa dalam pembelajaran cukup minim. Rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Buntu Pane Kabuapten Asahan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Buntu Pane Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri atas 3 kelas yaitu VII1, VII2, VII3, yang berjumlah 76 orang. Adapun sampel dari penelitian ini adalah kelas VII1, VII2, dan VII3 dengan teknik sampling jenuh. Jenis instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif, selanjutnya untuk mengetahui adanya pengaruh kemandirian belajar dan kemampuan kognitif pada pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Buntu Pane Kabupaten Asahan digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi product moment, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan uji-t, selanjutnya untuk mengetahui seberapa besarkah sumbangan variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Buntu Pane Kabupaten Asahan. Dimana nilai rata-rata (mean) dari kemandirian belajar 70, 24 dan nilai rata-rata (mean) dari kemampuan kognitif 80,6. Pengujian ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 2,856 > 1,66 . Jadi kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan antara Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Buntu Pane Kabupaten Asahan sebesar 30,27%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Dr. Almira Amir, M.Si. |
Keywords: | Kemandirian belajar; Kemampuan kognitif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 01:40 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 01:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8291 |
Actions (login required)
View Item |