Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok himpunan untuk siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Natal Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Mirna Sari (2023) Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok himpunan untuk siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Natal Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan. Siswa sulit untuk menerapkan prinsip serta keterampilannya dan kurangnya pemahaman terhadap konsep pemodelan matematika yang tepat sehingga membuat siswa kesulitan untuk mengerjakannya. Hal ini membuat peserta didik tidak mampu mencapai nilai ketuntasan untuk pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di SMP Negeri 2 Natal Kabupaten Mandailing Natal pada materi pokok himpunan. Penelitian ini menggunakan Design Non Equivalent Group Design dengan satu macam perlakuan dimana dalam penelitian ini yang diberikan perlakuan hanya kepada kelas eksperimen saja sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik Total Sampling. Total Sampling (Sampling Jenuh). Sampel pada penlitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 SMP Negeri 2 Natal Kabupaten Mandailing Natal tahun ajaran 2021-2022. instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tes. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada materi himpunan dikelas VII SMP Negeri 2 Natal Kabupaten Mandailing Natal. Diketahui bahwa thitung > ttabel (2,194 >2,002) artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Pada Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 2 Natal Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd. dan Dra. Asnah, M.A.
Keywords: Model pembelajaran talking stick; Hasil belajar matematika; Himpunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:40
Last Modified: 19 Jan 2023 03:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8282

Actions (login required)

View Item View Item