S, Widya Rahma Suwandi (2022) Pengaruh model pembelajaran missouri mathematic project (MMP) terhadapa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720200075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru kurang variatif dan hanya terpokus pada guru saja. Sehingga siswa menjadi lebih pasif dan cenderung hanya diam, sehingga menyebabkan suasana kelas menjadi kurang kondusif dan siswa kesulitan untuk memecahkan masalah matematika yang dihadapi. Rumusan masalah penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 396 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposif Sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah kelas XI MIA-2 (34 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-1 (31 siswa) sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dari hasil perhitungan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) hasil belajar di kelas eksperimen 80,32 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 74, 87, begitu pula dengan nilai median serta modus pada nilai eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Selain itu hasil analisis data dengan menggunakan uji-F dimana Fhitung > Ftabel (21,35 > 4,15) dengan taraf signifikansi 5% dan dk, v1 = 1 dan v2 = 34-2 = 32, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Model missouri mathematic project; Kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:04 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 03:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8281 |
Actions (login required)
View Item |