Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan keterampilan berhitung siswa dalam materi pokok bilangan cacah dengan menggunakan alat peraga di Kelas III SDN 156 Maga Lombang Kab.Mandailing Natal

Rahmadani, Nikmah (2022) Meningkatkan keterampilan berhitung siswa dalam materi pokok bilangan cacah dengan menggunakan alat peraga di Kelas III SDN 156 Maga Lombang Kab.Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latari belakangi dari masalahi iini iadalah isiswa belum sepenunnya terampil dalam berhitung pada materi bilangan cacah, siswa kelas III SDN Maga Lombang memiliki nilai keterampilan berhitung yang masih irendah. Hal iitu bisa terlihat berdasarkan isikap dan jawaban isiswa pada saat belajar matematika, dan di saat di berikan tes awal mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa pada materi bilangan cacah dalam pelajaran matematika kelas III SDN 156 Maga Lombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (iPTK) dengan metode siklus. Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa ikelas III A SDN 156 Maga Lombang. Tekniki pengumpulan idata idalam ipenelitian iini iyaitu iobservasi idan tes. Tekniki ianalisis idata iyang idigunakan iadalah iteknik ikualitatif ideskriptif idan kuantitatifi. Berdasarkani ihasil ipenelitian idapat idisimpulkan ibahwa keterampilan berhitung isiswa ikelas III SDN 156 Maga Lombang mengalami peningkatan melalui pembelajaran menggunakan alat peraga kantong bilangan. Peningkatan keterampilan berhitung isiswa iditunjukkan iberdasarkan ihasil tes iyang itelah dipersentasekan pada isiklus Ii pertemuan I 65%, siklus I pertemua II 69%, yang memiliki rata-rata 67%. Dani ihasil tes iyang idibagikan ikepada isiswa isiklus II pertemuan I 80%, siklus II pertemuan I 85%.. Karena peningkatan keterampilan berhitung siswa telahi mencapai isesuai idengan iyang idiharapkan. iOleh ikarna itui dapati idisimpulkan bahwa ipembelajaran menggunakan alat peraga kantong bilangan dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa dalam materi bilangan cacah pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si. dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd.
Keywords: Alat peraga kantong bilangan; Keterampilan berhitung; Pembelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:48
Last Modified: 13 Jan 2023 02:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8278

Actions (login required)

View Item View Item