Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan media papan tempel untuk meningkatkan kognitif siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 2 Padangsidimpuan

Rahmi, Rahmi (2022) Penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan media papan tempel untuk meningkatkan kognitif siswa pada mata pelajaran matematika di MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai kognitif siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V MIN 2 Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari nilai ulangan harian siswa yang masih banyak dibawah KKM. Untuk mengatasi rendahnya nilai Matematika siswa di kelas V MIN 2 Padangsidimpuan dapat digunakan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learningmenggunakan media Papan Tempel yang mengharuskan siswa berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learningmenggunakan Media Papan Tempel dapat meningkatkan kognitif siswa pada mata pelajaran Matematika di MIN 2 Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dalam Bahasa Inggris Classroom Action Reserch(CAR). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Digunakan untuk mengetahui data tentang proses pembelajaran siswa di dalam kelas, respon siswa, keadaan siswa, dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus sebelum dilakukan tindakan yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase 55%, dan yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa dengan persentase 45%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas dengan persentase 61%, dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa dengan persentase 39%. Pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat menjadi 19 siswa yang tuntas dengan persentase 83%, dan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa dengan persentase 17%. Hasil belajar siswa ini diperoleh setelah menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan Media Papan Tempel, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa khususnya kognitif pada mata pelajaran Matematika di MIN 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si. dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd.
Keywords: Problem based learning; Kognitif; Mata pelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:33
Last Modified: 13 Jan 2023 02:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8277

Actions (login required)

View Item View Item