Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan model pembelajaran science, environment, technology, and society (SETS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan manusia di Kelas V SDN 105 Adianjior Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Batubara, Hanifah Nur (2022) Penggunaan model pembelajaran science, environment, technology, and society (SETS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan manusia di Kelas V SDN 105 Adianjior Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merumuskan masalah pada apakah penggunaan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan manusia di kelas V SDN 105 Adianjior Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 105 Adianjior. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria tuntas KKM, disebabkan penyesuaian model pembelajaran yang dipakai saat pembelajaran IPA belum tepat sehingga banyak diantara siswa tidak mendengarkan penjelasan guru, dan bahkan ribut selama poses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 105 Adianjior Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa, observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Berdasarkan dari data persentase di pra siklus yaitu 14,28%, kemudian meningkat di siklus I pertemuan I menjadi 33,33%. Selanjutnya meningkat di siklus I pertemuan II menjadi 47,61%. Kemudian meningkat di siklus II pertemuan I menjadi 66,66% dan di siklus II pertemuan II meningkat menjadi 85,71%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar IPA; Model pembelajaran secience, environment, technology, and society (SETS)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:08
Last Modified: 13 Jan 2023 02:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8276

Actions (login required)

View Item View Item