Pulungan, Lanna Sari (2022) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika, jika soal yang diberikan berbeda sedikit dengan contoh soal yang diberikan guru, maka banyak siswa mengalami kesulitan dalam menjawab soal tersebut. siswa mengalami kesulitan untuk membangun ide-ide dan gagasan-gagasan baru untuk menyelesaikan soal tersebut yang menunjukkan kreativitas siswa dalam menjawab soal. Hal lain juga perlu diperhatikan adalah proses pembelajaran yang dilakuan guru dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Lawas. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based laerning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Lawas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VIII dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Data dan analisis dengan uji t setelah terpenuhi normalitas dan homogenitas hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 82,67 dan kelas kontrol sebesar 57,83. Ada pengaruh yang signifikan eksperimentasi model problem based learning terhadap kemempuan berpikir kreatif pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Lawas. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 0,05 yaitu 〖t 〗_(hitung ) ˃ 〖t 〗_(tabel )dengan taraf 5% sehingga 6,349 ˃ 2,000 maka H_0 ditolak H_aditerima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Model problem based learning; Kemampuan berpikir kreatif; Bangun ruang sisi datar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 03:43 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 03:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8273 |
Actions (login required)
View Item |