Wahyuni, Eni (2022) Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 2 Plus Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena yang terjadi karena perubahan zaman yang semakin canggih yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi. Teknologi informasi memiliki pengaruh pada seluruh bidang aktivitas kehidupan, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Maka dari itu dalam pembelajaran tentunya teknik dan media yang digunakan mengalami perubahan sesuai dengan zaman. Pendidik yang berada pada zaman canggih tersebut harus mengikuti perkembangan dalam pembelajaran dengan mengintegrasikan peralatan berbasis teknologi informasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan teknologi informasi, apa saja kendala yang dihadapi dan solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Plus Panyabungan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi, kendala pemanfaatan teknologi informasi dan solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunaka metode studi kasus analisis situasi, dengan instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data primer dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Sedangkan yang menjadi data sekunder adalah kepala sekolah dan siswa/I yang ada di sekolah SMA Negeri 2 Plus Panyabungan. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam walaupun tidak sepenuhnya yakni dengan melalui tahapan awal pembelajaran, tahap inti pembelajaran dan akhir pembelajaran. Jenis peralatan teknologi informasi yang digunakan berupa komputer/laptop, LCD Proyektor dan internet. Dalam pemanfaatan teknologi informasi tentu terdapat kendala yang muncul seperti pembelajaran tidak selalu memanfaatkan teknologi informasi, fasilitas teknologi informasi yang belum memadai, jadwal mengajar guru yang padat, koneksi internet yang kurang memadai, kurangnya antusias untuk selalu memanfaatkan teknologi informasi. Maka untuk mengatasi kendala tersebut guru menggunakan solusi dengan belajar secara autodidak terkait pemanfaatan teknologi, menghadiri seminar tentang pemanfaatan teknologi informasi, membaca jurnal, buku-buku dan melakukan penelitian tindakan kelas, berdiskusi sesama guru, memberikan arahan, motivasi serta menyesuaikan metode dengan memanfaatkan teknologi informasi tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Samsuddin, M.Ag. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd. |
Keywords: | Teknologi informasi; Pembelajaran pendidikan agama islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 02:21 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 02:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8267 |
Actions (login required)
View Item |