Lubis, Murlan (2022) Upaya meningkatkan pemahaman konsep melalui metode non-directive pada pokok bahasan bangun ruang kubus siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sosa Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara pembelajaran matematika dengan kenyataan dalam pelaksanaannya, karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus memperbaiki cara mengajarnya salah satunya dengan menerapkan metode non-directive dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan pemahaman konsep siswa melalui metode non-directive pada pokok bahasan bangun ruang kubus siswa kelas X SMA Negeri 1 Sosa kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini dilakukan guna melatih kecakapan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam belajar matematika khususnya materi bangun ruang kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan dan dalam setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan memberikan tes soal. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA-2 SMA Negeri 1 Sosayang berjumlah 30 siswa, yaitu 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik analisayang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik dengan mencari nilai rata-rata kelas dan persentasenya serta disajikan kedalam bentuk diagram batang. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep matematika dengan menerapkan metode non-directive. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan. Peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari siswa yang berperan aktif selama pembelajaran, siswa mendengarkan seluruh arahan guru, penjelasan yang diberikan serta mau bertanya jika ada yang kurang dipahaminya serta hasil tes siswa yang meningkat tiap pertemuannya. Pada siklus I adanya peningkatan persentase siswa yang tuntas dari 30,00% atau sebanyak 9 siswa menjadi 36,67% atau sebanyak 11 siswa. Pada siklus II peningkatan dapat dilihat mejadi 53,33% siswa yang tuntas atau sebanayak 16 siswa menjadi 83,33% siswa yang tuntas atau sebanyak 25 siswa. Dengan demikian berarti penerapan metode non-directive dapat meningkatkan pemahaan konsep siswa pada pokok bahasan bangun ruang kubus siswa kelas X SMA Negeri 1 Sosa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Pemahaman konsep; Metode non-directive; Bangun ruang kubus |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 08:02 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 08:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8262 |
Actions (login required)
View Item |