Dongoran, Febriansyah (2022) Strategi guru dalam memaksimalkan pembelajaran matematika pada siswa Kelas VIII MTs N 4 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru yang diterapkan di MTs N Tapanuli Selatan masih kurang dalam memaksimalkan pembelajaran matematika sehingga peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut antara lain strategi guru dan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi siswa maupun guru saat menggunakan strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan guru untuk memaksimalkan pembelajaran matematika di MTs N Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu wawancara secara langsung dengan kepala madrasah, guru, dan siswa. Dalam penelitian ini didukung dengan dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap masalah yang di deskriptifkan. Penelitian ini menyimpulkan terdapat beberapa kendala pelaksanaan strategi guru di MTs N Tapanuli Selatan yaitu timbul dari guru, peserta didik, dan fasilitas semisal buku paket dan media pembelajaran, dalam hal iini para guru harus mampu menyesuaikan setiap strategi yang akan diterapkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Oleh karenanya perlukan penggunaan strategi pembelajaran yang variatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si. dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. |
Keywords: | Strategi guru; Matematika; Madrasah tsanawiyah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 08:23 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 08:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8240 |
Actions (login required)
View Item |