Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda di Desa Joring Lombang

Siregar, Anisa Helmi (2022) Pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda di Desa Joring Lombang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah tingginya tingkat keputusan pembelian masyarakat Desa Joring Lombang terhadap sepeda motor merek Honda. Sedangkan terdapat banyak merek sepeda motor lain yang beredar dipasaran dengan harga serta model yang bervariasi, namun masyarakat Desa Joring Lombang lebih tertarik untuk memilih sepeda motor merek Honda. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh harga dan brand image secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada masyarakat Desa Joring Lombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan brand image secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada masyarakat Desa Joring Lombang. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Keputusan pembelian adalah sebuah keputusan untuk pemilihan terhadap suatu tindakan untuk memutuskan membeli atapun mengonsumsi suatu produk tertentu. Harga ialah sejumlah uang yang diperlukan dalam memperoleh suatu produk serta pelayanan yang menyertainya. Brand image yaitu kesan ataupun gambaran yang diberikan suatu merek tertentu dalam pikiran konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 63 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, ujia reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji koefisien determinasi, uji parsial, uji simultan). Hasil penelitian secara R square besar 0,462 atau 46,2%. Hal ini menjelaskan bahwa variabel harga dan brand image memberikan pengaruh sebesar 46,2% terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda sedangkan 53,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. secara parsial (uji t) terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada masyarakat Desa Joring Lombang dan tidak terdapat pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada masyarakat Desa Joring Lombang. Secara simultan terdapat pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis S.E., M.Si. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: Brand image; Harga; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:49
Last Modified: 07 Dec 2022 01:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8229

Actions (login required)

View Item View Item