Tanjung, Asmidar (2022) Peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui media visual di SD Negeri 1106 Padang Garugur Jae Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Keberhasilan suatu bangsa dalam melaksanakan pembangunan bergantung pada kualitas manusianya. Motivasi sebenarnya ada pada diri setiap orang yang memiliki ciri-ciri diantaranya, tekun, ulet menghadapi kessulitan, menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah, lebih senang bekerja mandiri, cepat bosan pada tugas rutin, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepas hal yang diyakini, dan senan mencari dan memecahkan soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui media berbasis visual siswa siswi kelas V SD Negeri 1106 Padang Garugur Jae, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kabupaten padang lawas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui media berbasis visual pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 1106 Padang Garugur Jae, Kec Aek Nabara Barumun, Kab Padang lawas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan desain penelitian menggunakan model Kurth Lewin dalam beberapa siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1106 Padang Garugur Jae dengan jumlah siswa 20. Teknik pengumpulan data yang digunakan dilakukan menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan media visual menunjukkan adanya peningkatan. Motivasi belajar siswa pada pra tindakan sangatlah kurang dari nilai rata-rata dimana pada tahap pra tindakan tingkat motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1106 Padang Garugur Jae nilai rata-rata siswa hanya (45%) dan itu termasuk dalam kategori rendah sehingga diperlukan perubahan pada sistem pembelajarannya. Siklus I meningkat dari pra tindakan dengan kategori kurang sekali dimana pada pertemuan I siklus I nilai rata-rata IPA siswa mencapain (50%) dan itu termasuk kriteria rendah sehingga perlu dilakukan pertemuan selanjutnya pada siklus I tersebut. Dan pada pertemuan II Siklus I nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi (54%) namun, pada pertemuan II siklus I ini juga belum mencapai kriteria keberhasil. Kemudian peneliti melanjutkan penelitiannya pada siklus II dan pada pertemuan pertamuan I Siklus dua nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri Padang Garugur Jae ini menaik tinggi menjadi cukup (74%) dan nilai tersebut belum sesuai dengan indikator keberhasilan yang ingin dicapai sehingga diadakan siklus lanjutan yang mana pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi sangat baik (89%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M. Ag. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | Motivasi belajar; Ilmu Pengetahuan Alam; Media visual |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 02:43 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 05:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8222 |
Actions (login required)
View Item |