Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar matematika dengan penggunaan alat peraga TAKUR pada materi operasi bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Kota Padangsidimpuan

Nasution, Juliana (2019) Peningkatan hasil belajar matematika dengan penggunaan alat peraga TAKUR pada materi operasi bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Kota Padangsidimpuan khususnya pada materi operasi bilangan bulat. Hal ini disebabkan guru cenderung monoton dalam penyampaian materi pembelajaran serta suasana belajar dikelas yang menyenangkan hampir tidak tercipta. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pembelajaran matematika di kelas yaitu dengan Penggunaan alat peraga TAKUR yang merupakan alat peraga dalam membantu pembelajaran matematika dalam menyelesaikan operasi bilangan bulat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan kemampuan siswa yang terjadi dengan penggunaan alat peraga TAKUR dalam penyelesain operasi bilangan bulat terutama yang melibatkan bilangan bulat dalam operasi hitung campuran berbentuk negatif serta tingkat aktifitas proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Observasi digunakan untuk melihat keaktifan siswa, sedangkan tes untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan diakhir pembelajaran pada tiap pertemuan. Subjek penelitian ini terdiri atas 21 orang siswa kelas IV SD Negeri 200512 Salambue Kota Padangsidimpuan (12 orang laki-laki dan 9 orang perempuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal (pretest) persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 15,78% dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 48,55, siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 30% dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 54,75. Pada siklus I pertemuan 2 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 57,14% dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 65,23. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 66,66% dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 73,57 dan pada siklus II pertemuan 2 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,47% dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 82,61%. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dan delah mencapai bahkan lebih dari 85% siswa yang tuntas belajar, maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan pada siklus II . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga TAKUR (Tambah Kurang) dapat menigkatkan hasil belajar matematika siswa pada operasi bilangan bulat di SD Negeri 200512 Salambue Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Alat peraga TAKUR; Hasil belajar; Bilangan bulat
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 22 Apr 2020 12:32
Last Modified: 22 Apr 2020 12:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item