Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perhatian orangtua siswa terhadap tugas pekerjaan rumah yang diberikan guru di Kelas VII B Mts Al-Mandily Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Sari, Lanna (2022) Perhatian orangtua siswa terhadap tugas pekerjaan rumah yang diberikan guru di Kelas VII B Mts Al-Mandily Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Proses pendidikan yang baik tidak dapat dilepaskan dari pengawasan orang tua terhadap pola dan cara belajar anak di rumah. Sering kali orang tua tidak peduli terhadap pola belajar anak di rumah, begitu juga dalam pengerjaan tugas rumah yang diberikan guru, sehingga hal ini menyebabkan anak tidak belajar sesuai dengan tujuan yang sebenarnya. Orang tua di Kelurahan Sigalapang Jae Kecamatan Panyabungan tidak memperhatikan belajar anaknya di rumah hal ini sering di temukan bahwa anak sering bermain hingga larut malam. Maka dari itu dalam penelitian ini penelitia berkeinginan mengetahui tentang perhatian orang tua terhadap tugas pekerjaan rumah yang diberikan guru di kelas VII MTs Al-Mandily Kecamatan Panyabungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orangtua siswa mendampingi anak ketika mengerjakan tugas belajarnya di rumah sebanyak 46%(Rendah). Orang tua siswa memberikan solusi ketika anak mendapatkan kesulitan dalam menyelesaikan tugas belajarnya, sebanyak 70%(Sedang). Orang tua siswa memberikan motivasi kepada anak dirumah dalam belajar, sebanyak 63%(Sedang). Orang tua siswa menegur anak-anaknya yang bermain-main dalam mengerjakan tugasnya, sebanyak 83%(Tinggi). Orang tua siswa mengunjungi atau melihat anak yang sedang belajar di sekolah, sebanyak 57%(Sedang). Orang tua siswa merasa senang dengan tugas yang diberikan Guru kepada anak di rumah sebanyak 97%(Tinggi). Orang tua siswa memberikan waktu luang atau lebih untuk anak di rumah sebanyak 47%(sedang). Orang tua siswa bertanya kepada pihak sekolah tentang bagaimana belajar anak dengan hasil tugas belajar yang dikerjakan di rumah sebanyak 60%(Sedang). Orang tua siswa merasa berat atau sulit dengan tugas yang diberikan Guru di sekolah sebanyak 60%(sedang). Orang tua siswa mendahulukan membantu tugas anak jika melihat anak bertanya tentang tugasnya dari sekolah sebanyak 57%,(Sedang). Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kendala anak malas dalam mengerjakan tugas pekerjaan rumah, diantaranya adalah Tugas pekerjaan rumah yang terlalu sulit, Tugas terlalu membingungkan, Anak merasa bosan, Anak merasa terganggu, Lingkungan terlalu berisik, Kesepian. Hal tersebut terbukti dari 1) Sebagian dari perhatian orang tua siswa terhadap tugas anak yang diberikan guru dirumah bersifat sedang. 2) Terdapat beberapa indikator perhatian orang tua terhadap tugas anak yang diberikan guru dirumah yang bersifat sering atau selalu. 3) Berdasarkan indikator-indikator yang ada terlihat bahwa sebagian besar faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua siswa terhadap tugas anak yang diberikan guru di sekolah sebagian besar indikator yang ada memperlihatkan faktor kesibukan orang tua dalam mencapai nafkah, ekonomi dan faktor ilmu pengetahuan yang dimiliki orang tua baik itu ilmu umum ataupun lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd.
Keywords: Perhatian orang tua; Tugas pekerjaan rumah; MTs Al-Mandily
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:24
Last Modified: 10 Dec 2022 07:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8206

Actions (login required)

View Item View Item