Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh flash sale dan tagline gratis ongkir shopee terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan

Rizal, Ahmadi (2022) Pengaruh flash sale dan tagline gratis ongkir shopee terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi, yang dimana flash sale dan tagline menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Strategi yang digunakan oleh pihak Shopee akan mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan. Namun, setiap strategi pemasaran salah satunya di dalam promosi yang dilakukan tidak selalu mendapat feedback ataupun mendapat laba dari penjualan promosi tersebut. Dikarenakan konsep ataupun teori yang diketahui sepenuhnya tidak dilaksanakan secara total 100% baik dalam flash sale yang sedikit ataupun tagline, sehingga mempengaruhi keputusan pembelian tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh flash sale dan tagline gratis ongkir Shopee terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh flash sale dan tagline terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu teori tentang flash sale dan tagline, yang mana terdapat salah saru teori yang mengemukkan bahwa flash sale merupakan bentuk dari promosi penjualan yang mampu memberikan pengaruh minat seorang pelanggan. Adapun teori pada tagline mengungkapkan bahwa tagline merupakan suatu bentuk iklan yang memegang peran yang sangat penting, yang merupakan inti dari pengkomunikasian. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang-bidang ilmu manajemen atau sehubungan dengan teori-teori yang berkaitan dengan flash sale dan tagline. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, analisis statistic deskriptif, uji linieritas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji R, uji t dan f) dan uji analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistik SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh hasil pengukuran koefisien determinasi (R2) sebesar 69%. Selain itu, hasil pengukuran parsial (Uji t) variable flash sale berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Thitung > Ttabel (2,066 > 1,665). Sedangkan secara parsial (Uji t) variabel tagline tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Thitung < Ttabel (-1,318 < 1,665). Kemudian, secara simultan (Uji F) menyatakan bahwa flash sale dan tagline berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan dengan nilai Fhitung > Ftabel (3,471 > 2,36).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Flash sale; Tagline; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:03
Last Modified: 07 Dec 2022 01:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8205

Actions (login required)

View Item View Item