Nasution, Dedi Heriyanto (2019) Faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen produk pasta gigi pepsodent di Desa Huta Padang Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang pengambilan judul ini adalah dimana masyarakat di Desa Huta Padang lebih banyak menggunakan sikat gigi pepsodent dibandingkan dengan produk yang lainnya, harga pasta gigi pepsodent tidak terlalu mahal dan masyarakat di Desa Huta Padang merupakan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Kualitas produk, Harga dan Promosi terhadap loyalitas konsumen produk pasta gigi pepsodent di Desa Huta Padang Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Kualitas produk, Harga dan Promosi terhadap loyalitas konsumen produk pasta gigi pepsodent di Desa Huta Padang kecamatan arse Kabupaten Tapanuli Selatan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang manajemen pemasaran. Pendekatan yang dilakukan berdasarkan teori-teori yang berkaitan dengan loyalitas konsumen, kualitas produk, harga, dan promosi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang menggunakan data primer dan sampel sebanyak 69 responden serta teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Data diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas dan uji linieritas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R square), uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f), serta dengan menggunakan software SPSS versi 23.0. Hasil penelitian secara parsial (uji t) adalah terdapat pengaruh antara kualitas terhadap loyalitas konsumen yang dibuktikan dengan -t hitung -2,041 > -t tabel -1,664 atau t hitung 2,041 < t tabel 1,669. Tidak terdapat pengaruh antara harga terhadap loyalitas konsumen yang dibuktikan dengan -t hitung -0,734 > -t tabel -1,669 atau t hitung 0,734 < t tabel 1,669. Terdapat pengaruh antara promosi terhadap loyalitas konsumen yang dibuktikan dengan -t hitung -3,156 < -t tabel -1,669 atau t hitung 3,156 > t tabel 1,669. Sedangkan secara simultan (uji f), terdapat pengaruh antara kualitas, harga,dan promosi terhadap loyalitas konsumen secara bersama-sama/simultan yang dibuktikan dengan f hitung 22,193 > f tabel 2,17. Adjust R Square dalam penelitian ini sebesar 0,483% yang berarti bahwa kualitas, harga, dan promosi mampu menjelaskan variabel dependen atau loyalitas konsumen sebesar 48% dan sisanya sebesar 52% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas; Harga; Promosi; Loyalitas konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 22 Apr 2020 13:32 |
Last Modified: | 22 Apr 2020 13:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/820 |
Actions (login required)
View Item |