Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Biaya pemasaran dan biaya administrasi umum serta pengaruhnya terhadap laba bersih perusahaan PT. Astra Agro Lestari, Tbk

Simanjuntak, Windi Wahyuni (2022) Biaya pemasaran dan biaya administrasi umum serta pengaruhnya terhadap laba bersih perusahaan PT. Astra Agro Lestari, Tbk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200336.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Upaya meningkatkan laba dilakukan dengan meminimalkan biaya seoptimal mungkin. Akan tetapi fenomena yang terjadi pada penelitian ini berbanding terbalik. Dimana biaya yang dikeluarkan terus meningkat sehingga terjadi penurunan laba. Dengan peningkatan biaya yang terjadi jelas tidak sesuai dengan perolehan laba yang dihasilkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah biaya pemasaran berpengaruh terhadap laba bersih pada PT. Astra Agro Lestari, Tbk.? apakah biaya administrasi umum berpengaruh terhadap laba bersih pada PT. Astra Agro Lestari, Tbk.? apakah biaya pemasaran dan administrasi dan umum berpengaruh terhadap laba bersih PT. Astra Agro Lestari, Tbk.? Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap laba bersih pada PT. Astra Agro Lestari, Tbk., untuk mengetahui pengaruh biaya administrasi umum terhadap laba bersih pada PT. Astra Agro Lestari, Tbk., untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran dan biaya administrasi umum terhadap laba bersih pada PT Astra Agro Lestari Tbk. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu akuntansi yaitu pembahasan tentang biaya pemasaran, biaya administrasi umum dan laba bersih. Pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan teori biaya pemasaran, aministrasi umum, dan laba. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dari satu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Jakarta Islamic Indeks (JII) dari tahun 2014-2020 per triwulann dengan jumlah 32 sampel. Alat analisis yang digunakan adalah uji analisis deskriptif, uji normalitas, linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis dan analisis regresi berganda bantuan SPSS 26. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan variabel biaya pemasaran H1 ditolak, dalam hal ini biaya pemasaran tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap laba bersih. Sedangkan variabel biaya administrasi umum H2 diterima, dalam hal ini biaya administrasi umum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba bersih. Pada Uji F H3 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa biaya pemasaran dan administrasi umum memiliki pengaruh terhadap laba bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Biaya pemasaran; Biaya administrasi umum; Laba bersih
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Aug 2022 08:26
Last Modified: 25 Nov 2022 09:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8187

Actions (login required)

View Item View Item