Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor penentu keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga

Lubis, Amarullah (2022) Faktor penentu keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200308.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Konsumsi dalam agama menjadi persoalan penting bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan tetapi juga berkaitan dengan keimanan dan amal sholeh seorang manusia sebab konsumsi juga diatur dalam agama, bahkan menjadi tolak ukur keimanan seseorang bahkan berkaitan erat dengan diterima atau tidaknya amal dan doa seseorang juga berkaitan dengan apa yang dikonsumsinya. Namun kecenderungan manusia sekarang tidak lagi memperdulikan kehalalan makanan yang mereka konsumsi dengan globalisasi yang tak terbendung. Tentu ini menjadi persoalan yang perlu untuk didalam dan diteliti terutama yang terjadi di Desa Tambangan Tonga tentang pola perilaku masyarakat dalam membeli makanan halal. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi mempengaruhi keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari landasan teori yang mencakup teori perilaku konsumen, faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, dan teori keputusan pembelian serta beberapa kajian terdahulu yang terdiri dari beberapa karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif karena maksud dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana faktor yang menjadi penentu keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga. Dengan subjek penelitian yaitu masyarakat desa yang memenuhi kriteria dengan usia produktif yang berjumlah 88 orang. Instrument pengumpulan data terdiri dari observasi, angket dan dokumentasi dari lapangan. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis menggunakan analisis faktor, dan metode yang digunakan yaitu metode analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial dan faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga. Dan berdasarkan nilai eigenvalues menunjukkan bahwa jumlah angka eigenvalues untuk variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi masing-masing faktor memiliki nilai korelasi eigenvalues yang bisa dijadikan indikator sebagai faktor dengan kriteria bahwa angka dibawah 1 tidak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A. dan Adanan Murroh Nasution, M.A.
Keywords: Faktor budaya; Faktor sosial; Faktor pribadi; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:31
Last Modified: 02 Dec 2022 01:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8181

Actions (login required)

View Item View Item