Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran pendidikan agama islam pada masa covid-19 di SMA Negeri 1 Pinangsori Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah

Asra, Fauziah Dini Fiyah (2022) Pembelajaran pendidikan agama islam pada masa covid-19 di SMA Negeri 1 Pinangsori Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam Penelitian ini yakni di di SMA Negeri 1 Pinangsori Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah bahwa pembelajaran daring menjadikan proses belajar mengajar tidak begitu efektif dan efisien dikarenakan beberapa faktor penghambat lajunya proses pembelajaran berlangsung. peneliti melakukan studi pendahuluan di lapangan melihat situasi pandemi COVID-19 saat ini ada sebagian lain tidak setuju karena ada beberapa aspek yang tidak mendukung proses pembelajaran antara lain kurang pahamnya siswa menggunakan platform pembelajaran, tidak mempunyai gadget, tidak mempunyai kuota, jaringan yang bermasalah serta kurangnya pengawasan dari guru maupun orang tua siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Covid-19 dan Kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Covid-19 di SMA Negeri 1 Pinangsori Kecamatan Pinang Sori Kabupaten Tapanuli Tengah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Covid-19 di SMA Negeri 1 Pinangsori Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.Sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk tehnik penjaminan keabsahan data adalah menggunakan teknik trianggulasi. Hasil temuan penelitian ini adalah pertama, metode pembelajaran pendidikan agama islam yaitu denganmetode kombinasi atau blended learning, metode diskusi pembelajaran berbasis online dan pelaksanaan model pembelajaran luring (luar jaringan) dengan metode yang diterapkan metode ceramah, dan penugasan, Adapun faktor kendala dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Pinangsori yaitu, sebagian orang tua tidak memiliki hp android, beberapa siswa kurang memahami materi dan tugas yang diberikan oleh guru, kurangnya kemampuan siswa dan guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis online, tidak bisa bertanya langsung kepada guru, jaringan yang terkadang tidak stabil, dan paket kuota data.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I.
Keywords: Pembelajaran; Pendidikan agama islam; Covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:44
Last Modified: 06 Dec 2022 02:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8173

Actions (login required)

View Item View Item