Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Desa Rokan Baru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Rosmayani (2022) Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Desa Rokan Baru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tanggapan konsumen yang mengatakan bahwa harga pada grosir Saidah menetukan harga yang relatif mahal 100-200 rupiah, sehingga tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Kemudian kualitas produk juga pada grosir Saidah menawarkan yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen karena produk pada grosir Saidah sering mengalami kerusakan pada produk, baik itu pada sayur-sayuran dan kemasan produk tersebut. Dan lokasi juga sangat berpengaruh pada kepuasan konsumen pada grosir Saidah, karena lokasi pada grosir Saidah memiliki lokasi yang tidak luas sehingga ketika hendak memarkirkan kendaraan akan sulit apalagi ketika pemasokan barang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada grosir Saidah di Desa Rokan Baru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada grosir Saidah di Desa Rokan Baru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Pembahasan pada penelitian berkaitan dengan harga, kualitas produk, lokasi dan kepuasan konsume. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, kualitas produk, lokasi dan kepuasan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif,. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner/angket dengan jumlah sampel 74 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Analisis data yang digunakan uji, validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif statistik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji parsial (t), uji simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada grosir Saidah di Desa Rokan Baru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Sedangkan harga dan lokasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada grosir Saidah di Desa Rokan Baru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Sedangkan secara simultan variabel harga, kualitas produk dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada grosir Saidah di Desa Rokan Baru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Ja’far Nasution, M.E.I.
Keywords: Harga; Kualitas produk; Lokasi; Kepuasan konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:51
Last Modified: 07 Dec 2022 01:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8165

Actions (login required)

View Item View Item