Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran tematik di SD Swasta 118 Muhammadiyah Gunungtua Panyabungan

Iqroma, Mahfuza (2022) Problematika pembelajaran tematik di SD Swasta 118 Muhammadiyah Gunungtua Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya implementasi kurikulum 2013 di SD Swasta 118 Muhammadiyah Gunungtua. Berdasarkan hal tersebut, maka pelaksanaan pembelajarannya menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan sistem pembelajaran yang tidak terfokus pada mata pelajaran tertentu dan hanya memuat tema. Pelaksanaan pembelajaran tematik juga harus sesuai dengan kurikulum 2013 yang merupakan arahan dari pemerintah, sehingga pembelajaran tematik masih belum dilaksanakan dengan baik dan maksimal karena dalam penerapan pembelajaran tematik masih ditemui beberapa permasalahan atau problem pada setiap tahap pembelajarannya seperti perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Namun, problematika awal penerapan pembelajaran tematik terletak pada perubahan kurikulum. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Swasta 118 muhammadiyah gunungtua Panyabungan? dan Bagaimana problematika pembelajaran tematik di SD Swasta 118 Muhammadiyah Gunungtua Panyabungan?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis metode studi kasus yaitu jenis penelitian yang bersifat lebih menekankan untuk melacak peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi, sehingga data yang diperoleh tidak dapat dimanipulasi. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa problematika penerapan pembelajaran tematik di SD Swasta 118 Muhammadiyah antara lain kesulitan membuat RPP yang harus disesuaikan dengan kurikulum 2013, terbatasnya alokasi waktu, metode pembelajaran yang tidak berubah atau monoton, minimnya penggunaan dan perawatan terhadap media yang sudah tersedia, motivasi belajar siswa yang rendah, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan kesulitan memanfaatkan waktu dalam penilaian. Selanjutnya dampak dari problematika pembelajaran tematik akan mempengaruhi siswa dalam memahami materi dalam pembelajaran tematik. Adapun problematika siswa dalam pembelajaran tematik adalah siswa merasa bingung, Siswa menerima pelajaran kurang maksimal, dan suasana belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd.
Keywords: Problematika; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:30
Last Modified: 10 Dec 2022 08:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8156

Actions (login required)

View Item View Item