Sela, Nur Umi (2022) Problematika orang tua dalam membimbing anak membaca di Desa Talang Kuning Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Problematika Orang Tua dalam Membimbing Anak Membaca. Faktor utama yang melatar belakangi penelitian ini adalah bahwa masih kurangnya orang tua membimbing anak membaca di Desa Talang Kuning Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Sehingga perlu ditingkatkan lagi dalam membimbing anak membaca, membimbing anak membaca sangat penting diperhatikan, sebab merupakan salah satu tujuan membimbing anak. Membimbing anak perlu ditanamkan masa kecil, karena usia masa kecil masa keemasan anak. Masa usia dini merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupan seseorang, karena pada usia ini seluruh aspek perkembangan kecerdasan IQ, EQ, SQ tumbuh perkembangan sangat luar biasa sekali. Oleh karena itu, seluruh potensi yang dimiliki anak perlu didorong sehingga akan berkembang secara optimal serta diiringi dengan membimbing anak dalam membaca. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab bagaimana Problematika Orang Tua dalam Membimbing Anak Membaca di Desa Talang Kuning Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan penelitian lapangan field research dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengidentifikasi Problematika Orang Tua dalam Membimbing Anak Membaca di Desa Talang Kuning Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Problematika Orang Tua dalam Membimbing Anak Membaca di Desa Talang Kuning Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat antara lain yaitu: Pertama, Kurangnya keinginan anak belajar, Kedua, Kesibukan kerja, Ketiga, Kelelahan orang tua, Keempat, Pendidikan orang tua, Kelima, Lingkungan belajar. Problematika di atas akan mempngaruhi anak dalam memahami belajar membaca. Adapun solusi yang perlu dilakukan untuk mengatasi problrmatika orang tua dalam mebimbing anak membaca yaitu: membuat jadwal belajar, jadwal bermain, menghadirkan guru privat, dan memfasilitasi anak dengan buku yang digunakan untuk belajar membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Rahmadani Tanjung, M.Pd. |
Keywords: | Problematika orang tua; Membimbing anak; Membaca |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 03:23 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 08:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8155 |
Actions (login required)
View Item |