Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran syariah produk Aisyah Store di Padang Lawas

Daulay, Sahrina Mukhaira (2022) Strategi pemasaran syariah produk Aisyah Store di Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200177.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Aisyah Store Padang Lawas merupakan usaha yang bergerak di sektor pakaian baik pakaian busana muslim, pakaian anak-anak ataupun pakaian dewasa lainnya. Masalah dalam penelitian ini adalah perusahaan Aisyah Store mengalami penurunan penjualan produk. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran syariah produk Aisyah Store, dan bagaimana strategi pemasaran syariah produk Aisyah Store Padang Lawas ditinjau dari perspektif pemasaran syariah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran akan produk Aisyah Store di Padang Lawas. Pembahasan penelitian ini berkaitan tentang strategi pemasaran syariah meliputi pengertian strategi, pengertian pemasaran, pengertian strategi pemasaran, strategi bauran pemasaran, pengertian strategi pemasaran syariah, pengertian produk Aisyah Store yang berkaitan tenang gambaran umum Aisyah Store, struktur organisasi produk Aisyah Store, analisis SWOT yang meliputi pengertian dari analisis SWOT. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran dengan 4P (product, price, place, dan promotion), analisis SWOT (strength, weakness, opportunity dan treath) Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan penelitian yaitu pemilik perusahaan, karyawan, serta konsumen yang membeli produk Aisyah Store Padang Lawas. Strategi pemasaran syariah Aisyah Store adalah karyawannya bersikap ramah, sopan, jujur, berpenampilan rapih dan bersih dalam melayani konsumen yang melakukan pembelian di Aisyah Store. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS, dan matriks EFAS. Strategi yang harus dilakukan produk Aisyah Store adalah dengan analisis matriks SWOT, analisis matriks SWOT, yang terdiri dari strategi S-O meliputi 1) Mempertahnakan kualitas produk. 2) Meningkatkan strategi pemasaran. Strategi W-O meliputi: 1) Mengusahakan pengembangan pada sumber daya manusia. 2) Meningkatkan system manajemen pemsaran. Strategi S-T meliputi: 1) Menigkatkan promosi. 2) Meningkatkan Inovasi. Strategi W-T meliputi: 1) Mempertahankan hubungan baik dengan konsumen agar menjadi pelanggan tetap. 2) Membangun strategi pemasaran yang lebih baik agar bisa bersaing secara global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Aisyah Store memperoleh nilai skor IFAS 3,42 yang menunjukkan bahwa posisi internal perusahaan ini cukup kuat, sedangkan pada nilai skor EFAS 4,0 menunjukkan bahwa perusahaan merespon peluang yang ada engan cara menghindari ancaman-ancaman yang ada pada perusahaan Aisyah Store.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M.
Keywords: Strategi; Pemasaran syariah; Analisis SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:28
Last Modified: 10 Dec 2022 08:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8146

Actions (login required)

View Item View Item