Daulay, Fitriana Sari (2022) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran tipe jigsaw pada mata pembelajaran tematik di Kelas IV SD Negeri 112227 Rasau Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Adapun latar belakang masalah mengungkapkan judul, bahwa berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di sekolah SD Negeri 112227 Rasau menjelaskan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi, metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa yang mengerti saja yang aktif sedangkan yang tidak mengerti tetap pasif. Jadi pembelajaran yang diterapkan selama ini adalah pembelajaran yang konvensional. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan terhadap motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran pada pembelajaran tematik di Kelas IV SD Negeri 112227 Rasau Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teori kurt lewin. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah SD Negeri 112227 Rasau Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Dengan subjek penelitian kelas IV yang berjumlah 33 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket dan lembar observasi. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, setiap siklus II pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivau belajar siwa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil persentase siswa dari kondisi awal sampai dengan pelaksanaan siklus I dan siklus II Rata-rata motivasi belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori rendah, dengan nilai rata-rata yaitu 53,30%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan I motivasi belajar siswa masih rendah dengan nilai rata-rata 55,45%, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi kategori sedang dengan nilai rata-rata 61,35%. Pada siklus II petemuan I motivasi belajar siswa mulai meningkat menjadi kategori tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 83,22%. Selanjutnya mengalami peningkatan lagi pada siklus II pertemuan II menjadi kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 90,66%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 112227 Rasau Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Motivasi belajar siswa; Model kooperatif tipe jigsaw |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 02:11 |
Last Modified: | 31 Dec 2022 02:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8139 |
Actions (login required)
View Item |