Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen berbelanja pada UD. Aman Kelurahan Pasar Muarasipongi

Lubis, Zulfikar Mahdi (2022) Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen berbelanja pada UD. Aman Kelurahan Pasar Muarasipongi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200212.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi mengakibatkan peningkatan taraf hidup dan persaingan dalam bidang industri, jasa dan dagang. Dan masih banyak hal yang harus dipertimbangkan suatu usaha agar konsumen dapat menerima dengan baik produk usaha yang dijalankan. Keberhasilan suatu perusahaan banyak ditentukan oleh ketepatan perusahaan dalam memanfaatkan peluang dan mengidentifikasi berbagai kegiatan individu dalam usahanya mendapatkan dan menggunakan barang ataupun jasa yang termasuk didalamnya proses keputusan pembelian. Salah satu perusahaan UD. Aman merupakan usaha yang dibangun oleh seorang wirausahawan yang bernama Arman pada tahun 2005. UD. Aman merupakan salah satu Toko yang mampu mencuri perhatian konsumen dan para pesaingnya. UD. Aman berhasil merebut pangsa pasar untuk melakukan pembelian secara umum di Kecamatan Muarasipongi. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian, harga dan kualitas pelayanan. Keputusan pembelian adalah suatu tindakan dalam menyelesaikan permasalahan dari dua pilihan atau lebih yang harus ditentukan dan dianggap paling benar. Harga adalah nilai yang diberikan oleh konsumen terhadap barang atau jasa. Kualitas pelayanan merupakan suatu tindakan atau kegiatan yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan mengakibatkan kepemilikan apapun. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 68 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh harga terhadap keputusan konsumen berbelanja pada UD. Aman Muarasipongi dibuktikan dari hasil t diperoleh thitung > ttabel (4,738>1,668). Tidak terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen berbelanja pada UD. Aman Muarasipongi dapat dilihat dari hasil uji t diperoleh nilai thitung<ttabel (0,747<1,668). Terdapat pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen berbelanja pada UD. Aman Muarasipongi secara simultan dengan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (18,353>2,39).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Harga; Kualitas pelayanan; Keputusan berbelanja
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:15
Last Modified: 07 Dec 2022 01:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8124

Actions (login required)

View Item View Item