Zega, Mustika Damayanti (2022) Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian laptop acer pada mahasiswa FEBI Institiut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan angkatan 2017. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih sangat membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas mereka salah satunya adalah penggunaan laptop pengganti computer. Laptop adalah evolusi dari komputer yang merupakan salah satu tekonologi yang dikembangkan oleh perusahan yang memiliki fungsi yang sama dengan komputer tetapi dengan ukuran, berat, dan fitur yang berbeda. Akan tetapi banyak mahasiswa yang salah membeli laptop hanya dikarenakan produk laptop yang beragam dan dari berbagai merek, serta harga yang murah menjadi salah satu alasan mahasiswa membeli laptop tanpa mencari tahu kelebihan maupun kekurangan dari laptop tersebut. Bahkan laptop yang mereka beli tidak dapat memenuhi keinginan mereka dikarenakan banyaknya merek laptop yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian laptop Acer pada mahasiswa FEBI Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan angkatan 2017. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengertian keputusan pembelian, faktor-faktor keputusan pembelian, keputusan pembelian dalam perspektif Islam, produk, pengertian harga, tujuan penetapan harga, faktor yang mempengaruhi harga, tempat , pengertian promosi, tujuan promosi, macam-macam sarana promosi. Serta hipotesis-hipotesis mengenai produk, harga, tempat, promosi dan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 85 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan program SPPS versi 23 diperolah bahwa tidak terdapat pengaruh produk terhadap keputusan pembelian laptop acer, terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian laptop acer, terdapat pengaruh tempat terhadap keputusan pembelian laptop acer, dan terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian laptop acer. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian laptop acer pada mahasiswa FEBI Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan angkatan 2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, M.M. dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E. |
Keywords: | 4P; Keputusan pembelian; Marketing mix |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 02:04 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 02:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8123 |
Actions (login required)
View Item |