Erlia, Puji (2022) Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Indah Sakti Kotapinang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian sepeda motor pada CV. Indah Sakti Kotapinang. Selain itu, penelitian ini akan menganalisis faktor manakah yang paling berpengaruh paling dominan dalam mempengaruhi pelanggan dalam membeli sepeda motor, serta hal yang dianggap penting bagi pelanggan dalam faktor-faktor tersebut. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, kualitas produk dan promosi serta kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 6.150 orang kemudian sampel yang digunakan sebanyak 63 responden, dan pengambilan sampelnya menggunakan teknik probability sampling yang mana Probability sampling diartikan sebagai metode pengambilan sampel yang menggunakan beberapa bentuk pemilihan acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, dan wawancara, kemudian analisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 26. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang mempunyai nilai Thitung < Ttabel (-147 < 1,671). Secara parsial Kualitas Produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang mempunyai nilai Thitung > Ttabel (4,985 > 1,666). Secara parsial Promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang mempunyai nilai Thitung > Ttabel (310 < 1,666). Secara simultan harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai Fhitung > Ftabel (15.884 > 2,39). Dengan R Square sebesar 0,447 atau (44,7%) Sisanya sebesar 0,553 atau (55,3%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Ihdi Aini, M.E. |
Keywords: | Harga; Kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan pelanggan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 02:37 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 01:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8120 |
Actions (login required)
View Item |