Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran IPA di SD Negeri No. 100713 Sianggunan Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan

Rambe, Alissamiah Amelia (2022) Peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran IPA di SD Negeri No. 100713 Sianggunan Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500116.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas. Hal ini diduga oleh proses pembelajaran yang monoton, kurangnya perhatian siswa, tidak memberikan motivasi terlebih dahulu, atau tidak mengikut sertakan siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tidak bervariasi dan tidak menarik perhatian (minat) peserta didik, serta guru tidak menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas V SD Negeri No. 100713 Sianggunan Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan? Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri No. 100713 Sianggunan Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan suatu tindakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar agar memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini dilakukan sampai dua siklus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 100713 Sianggunan Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilaksanakan dan diperoleh hasil angket minat belajar siswa menunjukkan bahwa minat belajar di kelas V dalam mata pelajaran IPA mengalami peningkatan. Rata-rata minat belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek atau pra siklus berada pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata yaitu 65. Pada siklus I pertemuan ke-1 minat belajar lebih tinggi yaitu berada pada kategori sedang, dengan skor 75, pada siklus I pertemuan ke-2 minat belajar siswa meningkat menjadi kategori tinggi yaitu dengan skor rata-rata 81. Pada siklus II pertemuan ke-1 minat belajar siswa semakin meningkat menjadi kategori sangat tinggi yaitu dengan skor rata-rata 88.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran berbasis proyek; IPA; minat belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:25
Last Modified: 10 Dec 2022 05:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8107

Actions (login required)

View Item View Item