Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (pbl) pada materi perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari di Kelas V SDN 101110 Aek Badak

Siregar, Anni Kholilah (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (pbl) pada materi perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari di Kelas V SDN 101110 Aek Badak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 101110 Aek BadakKabupaten Tapanuli Selatan dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata kelas 62 dimana nilai tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75, sehingga hasil belajar perlu ditingkatkan. Penerapan model pembelajaran yang kurang bervariatif merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa, sehingga perlu dilakukan perubahan pada proses pembelajaran yaitu dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) agar siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran dengan bekerjasama dan bertamu ke kelompok lain untuk bertukar pikiran sehigga hasil belajar dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) pada materi perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021 sampai Januari 2022. Lokasi penelitian di kelas V SDN 101110 Aek BadakKabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini: butir soal tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi. Tehnik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis dekskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dengan persentase 26,92% dan nilai rata-rata kelas 62 . Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa meningkat yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 70 (10 siswa) dengan persentase 38,46%. Kemudian pada pertemuan II peningkatan nilai rata-rata siswa 79 (17 siswa) dengan persentase 65,38%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80,7 (22 siswa) dengan persentase 84,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Problem based learning; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:21
Last Modified: 31 Dec 2022 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8106

Actions (login required)

View Item View Item