Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efek komunikasi verbal dan non verbal ustadz/ustadzah dengan santri dalam dan di luar kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Modern Baharuddin

Sipahutar, Irwan Syahputra (2022) Efek komunikasi verbal dan non verbal ustadz/ustadzah dengan santri dalam dan di luar kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Modern Baharuddin. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1630100011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah Komunikasi Verbal dan Non Verbal Ustadz/ustadzah dengan Santri di Dalam dan di Luar Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Modern Baharuddin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi verbal dan non verbal ustadz/ustadzah di dalam, di luar proses pembelajaran, dan hambatan komunikasi ustadz/ustadzah dengan santri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden penelitian adalah ustadz/ustadzah dan santri di Pondok Pesantren Modren Baharuddin. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah pedoman observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan (1) ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Baharuddin seperti: ekstrakurikuler Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Tabligh, Pencak Silat, Marching Band dan Qirotul Kutub. (2) komunikasi verbal dan non verbal ustadz/ustadzah dengan santri dalam proses pembelajaran berbentuk Komunikasi verbal melalui perkatan yang lemah lembut, sopan santun, mulia, benar, dan bahasa yang mudah dimengerti. dan komunikasi non verbal-nya dalam bentuk gerakan tangan ketika menunjuk suatu benda, sentuhan secara psikologis dan ekspresi wajah menyenangkan. Akan tetapi komunikasi ustadz/ustadzah dengan santri tidak berjalan efektif dalam proses pembelajaran, karena saat ustadz/ustadzah berkomunikasi dengan santri, santri tidak memberikan feedback, serta ustadz/ustadzah juga menggunakan pendekatan menurut islam seperti qawlan baligha, karima, layyina, maysura. (3) komunikasi verbal dan non verbal ustadz/ustadzah dengan santri di luar proses pembelajaran sama seperti ustadz/ustadzah berkomunikasi dengan santri dalam proses pembelajaran, yaitu komunikasi verbal melalui, perkatan yang lemah lembut, sopan santun, bahasa yang mudah dimengerti, perkatan yang mulia, dan perkataan yang benar. dan Komunikasi non verbal-nya dalam bentuk gerakan tangan ketika memanggil, sentuhan secara psikoligis dan ekspresi wajah yang menyenangkan. Perdaannya yaitu ustadz/ustadzah dengan santri lebih lebas berkomunikasi apa saja dengan santri sehinga silaturrahmi ustadz/ustadzah dengan santri terjalin erat. (4) hambatan komunikasi ustadz/ustadzah dengan santri di Pondok Pesantren Modren Baharuddin adalah bahasa, latar belakang (tempat tinggal), budaya, kegaduhan (kebisingan), komunikasi satu arah, komunikasi non verbal yang sulit dipahami, jarak, dan perbedaan usia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Sholeh Fikri, M.Ag. dan Barkah Hadamean Harahap, M.I.Kom.
Keywords: Komunikasi verbal; Komunikasi non verbal; Pondok pesantren modern baharuddin
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:56
Last Modified: 30 Nov 2022 08:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item