Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pasien non rawat inap Puskesmas Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal

Anggraini, Dinda (2022) Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pasien non rawat inap Puskesmas Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena kualitas pelayanan puskesmas Batahan yang diberikan kepada pihak pasien memuaskan dalam pemberian pelayanan, fasilitas pada puskesmas Batahan Masih kurang memadai dan tidak lengkap dan lokasi yang dekat dari permukiman masyarakat dapat mempermudah pasien untuk berkunjung ke puskesmas Batahan serta kepuasan yang dirasakan pasien ketika berobat di puskesmas Batahan masih kurang. Oleh karena itu dianjurkan kepada puskesmas Batahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi agar meningkatkan kepuasan pasien. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pasien pada puskesmas Batahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pasien pada puskesmas Batahan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang-bidang ilmu manajemen atau sehubungan dengan teori-teori yang disampaikan oleh Yamit yang berhubungan dengan kepuasan, meliputi tentang kualitas pelayanannya, fasilitas yang digunakan serta lokasi yang ditentukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi dengan jumlah sampel 92 orang. Teknik analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji koefisien determinasi, uji analisis regresi linier berganda, uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan program SPSS 25 diperoleh bahwa secara persial terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien non rawat inap di puskesmas Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Dan variabel fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien non rawat inap di puskesmas Batahan, serta terdapat pengaruh lokasi terhadap pelayanan terhadap kepuasan pasien non rawat inap di puskesmas Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Sementara untuk secara simultan terdapat pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pasien non rawat inap di puskesmas Batahan Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Arbanur Rasyid, M.A. dan Rini Hayati Lubis, M.P.
Keywords: Fasilitas; Kepuasan; Kualitas pelayanan; Lokasi
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111708 Health and Community Services
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120108 Architecture of Public Structures > 12010807 Welfare and Health Buildings (incl. Hospital)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:40
Last Modified: 10 Dec 2022 02:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8051

Actions (login required)

View Item View Item