Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan keputusan menjadi jam’ah umrah pada PT. Aryati Tour dan Travel Haji dan Umrah Cabang Sibolga-Tapteng

Ashwani, Sa’adah (2022) Determinan keputusan menjadi jam’ah umrah pada PT. Aryati Tour dan Travel Haji dan Umrah Cabang Sibolga-Tapteng. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Keputusan pembelian merupakan hal sangat penting dalam memutuskan untuk membeli atau menggunakan suatu barang atau jasa. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu lokasi dan kualitas pelayanan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah fasilitas tempat parkir dan ruang tunggu bagi nasabah kurang luas. Harga yang ditawarkan oleh PT. Aryati cukup mahal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh secara simultan antara lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian tiket umrah di PT. Aryati Tour dan Travel Haji dan Umrah Cabang Sibolga-Tapteng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian tiket umrah di PT. Aryati Tour dan Travel Haji dan Umrah Cabang Sibolga-Tapteng. Penelitian ini berkaitan dengan manajemen bisnis. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian yang meliputi lokasi dan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 76 responden yang diambil dari jama’ah umrah yang berada di wilayah Sibolga dan Tapteng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan, wawancara, angket dan dokumentasi, kemudian analisis dengan menggunakan alat bantu statistik SPSS versi 25. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel lokasi diperoleh thitung>ttabel (7,795 > 1,666), maka terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial variabel kualitas pelayanan diperoleh thitung>ttabel (2,358 > 1,666), maka terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan lokasi dan kualitas pelayanan menunjukkan bahwa nilai Fhitung>Ftabel (65,859 > 2,730), artinya terdapat pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian tiket umrah di PT. Aryati Tour dan Travel Haji dan Umrah Cabang Sibolga-Tapteng. Dengan R Square sebesar 0,643 atau 64,3% sisanya sebesar 0,357 atau 35,7% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Arbanur Rasyid, M. A. dan Arti Damisa, M.E.I.
Keywords: Lokasi; Kualitas pelayanan; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:17
Last Modified: 30 Nov 2022 08:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8049

Actions (login required)

View Item View Item