Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik Kelas V SD Negeri 100614 Pintu Padang Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Ainun Mardiyah (2022) Penerapan model pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik Kelas V SD Negeri 100614 Pintu Padang Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Penerapan ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 100614 Pintu Padang pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Negeri 100614 serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariatif dalam pembelajaran. Penelitian bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 100614 Pintu Padang dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan mengetahui proses pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas V SD Negeri 100614 Pintu Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli sampai Desember 2021. Lokasi penelitian ini di kelas V SD Negeri 100614 Pintu Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-kuantitatif. Hal ini didasarkan pada bentuk data yang diperoleh beserta analisisnya. Pada pelaksanaan pra siklus diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 39 dengan 2 siswa yang tuntas (20%) dan 8 siswa dikategorikan tidak tuntas (80%). Pada saat siklus I yaitu memperoleh rata-rata 65 dengan data 4 siswa tuntas (40%) dan 6 siswa lainnya tidak tuntas (60%). Pada siklus II dilakukan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus I, sehingga nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82 dengan data 9 siswa tuntas (90%) dan 1 siswa tidak tuntas (10%).Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 100614 Pintu Padang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Quantum teaching; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:42
Last Modified: 06 Dec 2022 02:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8044

Actions (login required)

View Item View Item