Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran team accelerated instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar (segiempat) pada siswa Kelas VII Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan

Nurmalia, Nurmalia (2022) Pengaruh model pembelajaran team accelerated instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar (segiempat) pada siswa Kelas VII Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pokok bahasan bangun datar (segiempat) pada siswa kelas VII Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketidakaktifan siswa dalam proses pembelajaran, selama proses pembelajaran siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan tidak mau bertanya. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti berusaha menyusun dan menerapkan model Team Accelerated Instruction (TAI) yang diharapkan nantinya siswa dapat belajar secara aktif dalam setiap kelompoknya dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar (segiempat) pada siswa kelas VII pondok pesantren daru ikhlas dalan lidang panyabungan. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan. teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sehingga sampel yang digunakan adalah VII B dan VII C. Dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis thitung = 3,00587 > ttabel = 1,98861, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar (segiempat) pada siswa kelas VII Pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dra. Asnah, M.A.
Keywords: Model pembelajaran team accelerated instruction (TAI); Hasil belajar matematika; Bangun datar (segiempat)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:20
Last Modified: 10 Dec 2022 02:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8042

Actions (login required)

View Item View Item