Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran Roti San Brownies pada masa pandemi covid-19

Kelana, Ibob Puja (2022) Analisis strategi pemasaran Roti San Brownies pada masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pandemi covid-19 yang mulai teijadi pada periode bulan Maret sampai Mei 2020 membuat usaha pabrik roti mi kehilangan omset 50% dan pejualan pada umumnya, dikarenakan banyak sekolah-sekolah yang tutup dan mulai diberlakukannya penerapan belajar online serta diikuti oleh aturan-aturan pemerintah lainnya, mengakibatkan roti San Brownies kehilangan konsumen yang disertai dengan menurunnya omset penjualan di setiap bulan nya. Latar belakang penelitian mi ialah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan UD. San Brownies pada masa pandemi covid-1 9 dan apa saja kendala yang dihadapi oleh UD. San Brownies pada masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian mi ialah untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang akan diterapkan roti San Brownies pada masa pandemi covid-1 9 dan urituk megetahui kendala yang dihadapi oleh roti San brownies path masa covid-19 Teori yang digunakan dalam penelitian mi berkaitan dengan strategi pemasaran yaitu baruan pemasaran dengan 4P (product, price, p/ace, dan promotion) devinisi apa saa yang harus dipaharni dalarn proses pemasaran antara lain: adanya kebutuhan, adanya keinginan, adanya permintaan, produk, nilai bagi pelelanggan dan kepuasan pelanggan. Penelitian mi merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa saja yang dialami oleh subjek penelitian misalnya prilaku, persepsi, motivasi dan lain-lain, secara holistik dan dengan cara deksripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan metode yang aIamiah. Sumber data terdiri dan data primer, yaitu sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data. Subjek pada penelitian mi ialah orang, tempat, atau benda yang meliputi karyawan, pembeli dan owner atau pemilik pabrik San Brownies. Teknik pengumpulan data terdiri dan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik pengolahan dan analisis data terdiri dan pengolahan analisis data dan analisis data. Teknik pegecekan keabsahan data terdiri dan perpanjangan keikutsertaan, ketetuan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian diperoleh, strategi yang dilakukan oleh roti San Browies pada masa pandemi covid-19. Strategi pemasaran 4P UD San Brownies tidak melakukan strategi path tempat. Adapun kendala yang dihadapi UD San Brownies dalam menerapkan strategi pada masa pandemi covid- 19 yaitu penerapan sosial discenting yang menyebabkan beberapa sekolab tutup serta perkantoran yang mengurangi jumlah kaiyawan nya yang hadir di kantor tidak beraktifitas secara normal dikarenakan pandemi covid-19 sehingga mengakibakan menurunnya omset penjualan roti Sun Brownies itu sendini. Selain itu kenikan bahan bahan baku yang mengakibatkan ukuran roti sedikit mengecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: Pemasaran; Strategi; UMKM
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:36
Last Modified: 23 Nov 2022 04:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8029

Actions (login required)

View Item View Item