Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh label halal, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian Luwak White Koffie pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan

Gauri, Juwita (2022) Pengaruh label halal, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian Luwak White Koffie pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana label halal, harga, dan citra merek dapat menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian mahasiswa kurang memperhatikan label halal ketika membeli sebuah produk. Sebagian mahasiswa tidak mempertimbangkan harga produk yang akan mereka beli. Adanya rasa suka dan rasa yakin terhadap produk, sehingga mahasiswa tidak mempertimbangkan citra merek produk yang akan mereka beli. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh label halal, harga dan citra merek secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian luwak white koffie pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh label halal, harga dan citra merek secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian luwak white koffie pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan label halal, harga, citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 76 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, dan dokumentasi, kemudian analisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 25. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Label Halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang mempunyai nilai thitung > ttabel (2,117 > 1,666). Secara parsial harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang mempunyai nilai thitung < ttabel (1,461 < 1,666). Secara parsial citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang mempunyai nilai thitung < ttabel (0,131 < 1,666). Secara simultan label halal, harga dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung > Ftabel (4,566 > 2,38). Dengan R Square sebesar sebesar 16,0% Sisanya sebesar 0,840 atau (84,0%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I.
Keywords: Label halal; Harga; Citra merek; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:18
Last Modified: 10 Dec 2022 02:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8027

Actions (login required)

View Item View Item