Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemberdayaan ekonomi rumah tangga melalui usaha kecil pada masa pandemi covid-19 (studi kasus Usaha Harapan Kita Di Desa Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara)

Harahap, Saripah Ainun (2022) Strategi pemberdayaan ekonomi rumah tangga melalui usaha kecil pada masa pandemi covid-19 (studi kasus Usaha Harapan Kita Di Desa Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1730300008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah dampak covid-19 sangat menggemparkan seluruh dunia termasuk Indonesia, memberikan dampak yang besar terhadap berbagai bidang kehidupan, khususnya bidang perekonomian. Dampak ekonomi dari wabah Covid-19 ini dapat langsung dirasakan oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), seperti; pemutusan hubungan kerja, usahanya tutup karena mengalami kebangkrutan. Akan tetapi, berbeda dengan usaha keripik singkong milik ibu Rosida Harahapyang berada di Desa Salambue, usaha ini tetap berlangsung pada masa pandemi Covid-19 meski surat izin usaha sudah tidak berlaku lagi. Dengan adanya usaha ini pemberdayaan ekonomi ibu rumah tangga tetap berlangsung. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja strategi pemberdayaan ekonomi rumah tangga yang dilakukan oleh pemilik Usaha Keripik Singkong Harapan Kita pada masa pandemi Covid-19. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, maka peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif (menggambarkan dengan kata-kata secara sistematis hasil penelitian yang ditemukan dilapangan untuk menarik kesimpulan) dan dengan menggunakan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Informan keseluruhan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari 2 orang pemilik usaha keripik singkong, 8 orang karyawan usaha keripik singkong dan 2 orang aparat Desa Salambue. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwasanya strategi yang digunakan pemilik usaha terhadap karyawan atu ibu rumah tangga menggunakan dua strategi yang pertama, strategi bertahan dan kedua strategi pemasaran. Strategi bertahan ada dua terhadap produk dan karyawan, strategi terhadap produk seperti: mempertahankan citarasa yang khas dan penetapan harga dengan mengambil sedikit keuntungan, selanjutnya strategi terhadap karyawan seperti: menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, menjalin komunikasi yang transparan dan memberikan kesempatan untuk berkembang bagi karyawan. Adapun strategi yang kedua yaitu strategi pemasaran seperti: memasarkan produk melalui mengkanvas, produk dipasarkan dipasar tradisional melalui agen pengecer dan produk dipasarkan untuk sebagai oleh-oleh ke berbagai daerah atau kota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Juni Wati Sri Rizki, S.Sos., M.A. dan Zilfaroni, M.A.
Keywords: Pandemi covid-19; Pemberdayaan ekonomi; Usaha kecil; Strategi bertahan; Strategi pemasaran
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:04
Last Modified: 10 Dec 2022 08:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8009

Actions (login required)

View Item View Item